Minggu, 26 Februari 2017

Pahami Perintah Pemimpin

Seorang pimpinan perlu tahu semangat dan potensi orang-orang yang dipimpinnya. Dari mempetakan hal ini, seorang pemimpin bisa memberikan treatment yang pas. Sebab ada orang yang bisa langsung diperintah, ada yang perlu dimotivasi, ada yang perlu ditraining dan ada yang cukup di coaching. Seorang pemimpin tidak bileh menggunakan satu "jurus" untuk memberdayakan anggota timnya.

Al kisah, seorang direktur yang baru usai mengikuti pelatihan leadership mempraktekkan ilmunya. Dia panggil salah satu managernya yang paling rendah motivasi dan kemampuannya. Sang direktur menjelaskan panjang lebar strategi dan target-target yang hendak dicapainya. Di akhir pembicaraan, sang direktur berkata "Nah, apa yang sudah saya jelaskan tadi, tolong dijabarkan di anggota timmu ya." Sang manager manggut tanda setuju.

Setelah beberapa bulan berlalu, kebijakan juga sudah dijalankan oleh sang manajer. Namun apa yang terjadi setelah strategi dan kebijakan itu dilakukan? Ternyata di perusahaan tersebut terjadi demo menuntut transparansi, kejujuran, keadilan dan perlunya menjauhi nepotisme. Sang manager dianggap pilih kasih dan mengganti banyak orang yang satu daerah dengannya.

Melihat kondisi ini, sang direktur memanggil sang manager dan menegur dengan keras "mengapa kamu ganti semua timmu dengan orang yang satu daerah dengan kamu. Mengapa orang-orang hebat yang bukan satu daerah denganmu kamu singkirkan?"
Sang manager menjawab "saya melakukan itu justeru karena saya menuruti perintah bapak. Bukankah bapak berpesan kepada saya untuk menjabarkan tim saya? Maka sebagai bentuk ketataatan saya kepada bapak, tim saya semuanya saya ganti dari Jabar alias jawa barat, urang sunda semuanya." Hehehe, selamat berlibur ke Bandung.

By : Jamil Azzaini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk ayah dan bunda yang memiliki anak usia remaja silahkan daftarkan putra dan putri anda dalam training yang akan memaksimalkan segala po...